Pernah kah kalian mendengar kata TikTok? Atau kalian merupakan salah satu pengguna Tiktok?
Media sosial yang satu ini sangat terkenal di seluruh kalangan usia loh!! Mulai dari baby boomers, generasi X, Y, Z, millenials hingga alpha. Jadi ngga heran kalau dalam hampir satu dekade terakhir, TikTok telah menjadi fenomena media sosial yang mendunia. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2022.
Tahukah kalian, reputasi TikTok diprediksi akan semakin populer di
tingkat global. Bahkan menurut perusahaan riset Insider Intelligence,
TikTok diramalkan akan menjadi media sosial terbesar ketiga di dunia. WOW!
Sungguh luar biasa bukan. Media sosial yang baru masuk ke Indonesia sekitar
tahun 2017 ini juga bisa disebut sebagai Raja Aplikasi Terbaru tahun 2023 dan
berhasil menenggelamkan pesaingnya, yakni Facebook dan Instagram, loh!!
Gambar Pengguna Tiktok, sumber : Business of Apps |
Banyaknya pengguna TikTok,
membuat media sosial ini menjadi salah satu sarana pemasaran yang sangat
efektif buat kamu yang ingin memulai suatu usaha. Oleh karena itu, kamu harus
tau tentang TikTok Commerce.
Apa sih guna nya TikTok
Commerce?? TikTok Commerce menawarkan fitur dan solusi iklan yang membantu
brand, merchant, kreator, dan mitra untuk berinteraksi bersama pelanggannya
dengan lebih baik. Dengan solusi ini, e-commerce dapat menjual produknya
melalui konten video, TikTok LIVE, dan tab Product Showcase di profil
TikTok-nya.
Tentang TikTok Shop dan Showcase
TikTok Shop adalah solusi E-commerce lengkap yang bisa meningkatkan
angka penjualan dan pertumbuhan brand di TikTok. Solusi ini memungkinkan seller
menjual produknya langsung di TikTok melalui video in-feed, LIVE, dan tab
Showcase. Seller juga dapat mengakses data aktivitas pascapembelian. Selain
itu, pelanggan juga bisa lebih mudah menemukan produk, melihat detailnya, dan
membelinya, semuanya di TikTok.
TikTok Shop saat ini tersedia di Indonesia, Malaysia, Filipina,
Singapura, Thailand, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Vietnam
Product Showcase adalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja langsung dari akun seller atau kreator. Fitur ini ditampilkan dengan ikon kantong belanja di halaman profil akun TikTok. Pelanggan dapat menelusuri berbagai produk dan brand, atau produk dari kreator dengan mudah dan cepat.
Tab Product Showcase dapat berisi:
- Semua produk TikTok Shop
- Beberapa produk dari satu Shop
- Produk dari beberapa Shop
Hal yang perlu kamu tahu untuk menggunakan TikTok Shop dan Showcase
Memiliki Showcase bukan berarti Anda juga memiliki TikTok Shop. Contoh berikut menunjukkan berbagai skenario yang dapat terjadi antara TikTok Shop dan Showcase.
Contoh
Khusus untuk akun TikTok resmi, semua produk brand akan secara otomatis ditampilkan langsung di Showcase mereka.
Brand dapat mengizinkan akun pemasaran/afiliasi untuk menjual produk atas nama mereka. Showcase milik akun pemasaran/afiliasi tersebut akan menampilkan beberapa atau semua produk brand.
- Contoh 1: Sebuah brand alas kaki dapat mengizinkan beberapa akun pemasaran, yang dioperasikan oleh pihak eksternal, untuk menjual produk atas nama mereka.
- Contoh 2: Dua brand alas kaki yang berbeda dapat mengizinkan akun pemasaran/afiliasi yang dioperasikan oleh peritel besar atau toko khusus, untuk menjual produk atas nama brand tersebut.
Cara menggunakan TikTok Shop dan Showcase
Sebagai akun TikTok resmi
Jika Anda memiliki akun TikTok resmi dengan TikTok Shop, Showcase Anda
akan menampilkan semua produk Anda.
Mekanisme menghubungkan produk Anda di TikTok Shop dan Showcase:
- Di Seller Center, hubungkan Akun TikTok resmi. Setelah pemegang Akun TikTok mengonfirmasinya, semua produk TikTok Shop secara otomatis akan ditampilkan di Showcase.
- Proses ini bergantung pada negara tempat Shop Anda melakukan penjualan.
- Setiap TikTok Shop hanya dapat memiliki 1 Akun TikTok resmi.
- Setiap Akun TikTok hanya dapat dihubungkan ke 1 TikTok Shop sebagai Akun TikTok resmi. Akun TikTok resmi tidak dapat dihubungkan ke TikTok Shop lainnya.
Sebagai akun TikTok pemasaran
Showcase Anda akan menampilkan beberapa atau semua produk sebuah brand.
Mekanisme menghubungkan produk Anda di TikTok Shop dan Showcase :
- Di Seller Center, hubungkan Akun TikTok pemasaran. Setelah pemegang Akun TikTok mengonfirmasinya, pemegang Akun TikTok dapat memilih beberapa atau semua produk TikTok Shop yang akan ditampilkan di Showcase.
- Proses ini bergantung pada negara Anda.
- Setiap TikTok Shop dapat memiliki maksimum 4 Akun TikTok pemasaran.
- Setiap Akun TikTok hanya dapat dihubungkan ke 1 TikTok Shop sebagai Akun TikTok pemasarannya. Sebuah Akun TikTok pemasaran dapat dihubungkan ke TikTok Shop lain sebagai Akun TikTok afiliasi.
Sebagai akun TikTok afiliasi
Showcase Anda akan menampilkan beberapa atau semua produk sebuah brand.
Mekanisme menghubungkan produk Anda di TikTok Shop dan Showcase:
- Seller membuat rencana afiliasi. Kemudian, sebuah Akun TikTok dapat memilih untuk berpartisipasi dalam rencana afiliasi tersebut dan dapat memilih beberapa atau semua produk TikTok Shop untuk ditampilkan di Showcase.
- Setiap TikTok Shop dapat memiliki banyak Akun TikTok afiliasi yang berpartisipasi dalam rencana afiliasi.
- Setiap Akun TikTok afiliasi dapat berpartisipasi dalam banyak rencana afiliasi TikTok Shop.
Ok Artikelnya sangat membantu sekali 😉
BalasHapusSangat membantu dan informatif sekali
BalasHapusArtikelnya sangat informatif sekali. penjelasan dan kalimatnya sangat mudah dipahamii!
BalasHapusWah sangat membantu dan bermanfaat untuk menambah informasinya, terima kasih penulis
BalasHapusartikel ini mudah dipahami oleh semua kalangan!
BalasHapusluar biasa artikelnya cukup membantu untuk memahami pembahasan🤩
BalasHapusmenurut saya, dengan adanya jejaring sosial dan e-commerce tentu sangat memudahkan kita dalam mencari informasi bahkan melakukan banyak transaksi pembelian tanpa harus pergi menuju outlet dll. Namun dibalik semua kemajuan teknologi, tentu semua ini memiliki dampak positif dan negatif.
BalasHapusPemerintah perlu menyelidiki atau bahkan meninjau ulang setiap e-commerce dan semua aplikasi jejaring sosial yang masuk ke Negara ini. Karena hal ini berkaitan dengan algoritma dan data setiap individu yang di ambil dan di arsipkan oleh " pihak " ketiga ( oknum perusahaan atau bahkan pemerintah ), yang pasti memiliki " agenda khusus " untuk mengambil dan atau menggunakan semua data dan informasi pengguna aplikasi jejaring sosial apapun untuk " kepentingan " ekonomi dan politik suatu kelompok dan atau perusahaan dan atau pemerintah di suatu Negara.
Hal ini berkaitan juga dengan undang undang dan aturan di negara Indonesia yang dapat dikatakan "masih sangat lemah" ( banyak celah ) untuk dimasuki oleh pihak asing dalam bentuk media sosial dan e commerce, juga masih banyak lagi.
Dampak yang di timbulkan dalam lapisan masyarakatpun bervariatif. Mulai dari menurunnya pendapatan UMKM yang disebabkan "munculnya" e commerce tertentu, hingga dampak halus yang mempengaruhi kepribadian masing masing individu melalui "algoritma" didalam aplikasi tersebut. Hal seperti ini yang seringkali tidak disadari oleh pemerintah dan mungkin ada maksud "kesengajaan" oleh oknum oknum tertentu yang pastinya memiliki "kepentingan" berkaitan dengan ekonomi dan politik.
Artikel ini sangat baguss dan menambah wawasan🤩
BalasHapusArtikel nya sangatlah bagus menambah wawasan baru
BalasHapusinformasi yang djberikan sangat padat dan mudah dimengerti, terima kasih penulis!
BalasHapusgenerasi tiktok harus tau ini sih
BalasHapusBermanfaat sekali kak ^_^
BalasHapussangat bagus kak dan sangat bermanfaat sekali
BalasHapus