Kamis, 09 Mei 2024

Kepoin Rahasia Jitu: Strategi Pemasaran Digital Buat Kamu yang Anti Ribet!"

Tahukan kamu tentang Digital Marketing? 

"Digital marketing adalah pemasaran yang memiliki ruang lingkup lebih luas, karena penerapan teknologi digital terbentuk secara online." Sementara itu, menurut Kleindl dan Burrow, definisi digital marketing adalah proses perencanaan serta pelaksanaan. Proses itu berasal dari ide, konsep, harga, promosi, hingga distribusinya. Jika disederhanakan, definisi digital marketing adalah kegiatan pembangunan serta pemeliharaan hubungan, yang saling menguntungkan konsumen juga perusahaan.




Digital marketing sangat cocok diterapkan buat kamu yang ingin memulai usaha agar usaha mu makin dikenal banyak orang loh!! Ngga hanya itu ajaaa.. ini aku kasih tau apa aja keuntungan yang bisa kamu dapat kalau kamu pakai Strategi Digital Marketing :

1. Memulai Bisnis dengan Biaya Kecil

Jika kamu memulai bisnis secara tradisional, ada banyak yang harus dipikirkan. Selain bangunan dan perlengkapan, kamu harus menyiapkan ragam metode promosi fisik. Papan nama toko, spanduk, tumpukan brosur, dan poster bisa memakan cukup banyak biaya promosi. Ini belum termasuk upaya promosi lewat media seperti koran dan majalah. Berbagai hal ini sering membuat calon pebisnis mundur sebelum memulai usaha mereka.

2. Mudah Menjangkau Banyak Calon Konsumen

Semakin luas jangkauan promosi, semakin banyak calon konsumen yang bisa kamu jaring. Membagikan brosur atau memasang spanduk hanya akan menjaring orang-orang yang melihat atau menerimanya secara langsung. Digital marketing membuatmu mampu menjangkau pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk secara efisien.

3. Mudah Beradaptasi dengan Tren Baru untuk Pemasaran

Sejak dunia memasuki dunia digital, masyarakat semakin mudah mengikuti beragam tren. Produk digital seperti media sosial, situs video, dan streaming menyebarkan beragam tren musik, film, meme, challenge, dan sebagainya. Semua ini memberi peluang besar buatmu untuk beriklan secara masif dan menjangkau calon konsumen yang gemar mengikuti tren digital.

4. Bisa Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Manfaat ternyata bukan hanya untuk menarik konsumen baru, tetapi juga menjaga loyalitas konsumen lama. Kok bisa?

Hal ini ternyata ada kaitannya dengan menciptakan kesetiaan pada merek (brand loyalty). Jika jenis bisnismu punya banyak saingan, kamu harus membuat konsumen datang berkali-kali ke produk atau jasamu. Media digital cocok untuk memasarkan bisnis dengan cara yang menarik minat konsumen dan menciptakan emosi positif setiap kali mereka membayangkan produkmu.

5. Sarana Tepat untuk Branding dan Membangun Reputasi

Cambridge Dictionary mendeskripsikan branding sebagai “kegiatan menghubungkan suatu produk dengan nama dan simbol tertentu agar dikenal orang”. Kamu bisa menggunakan sebagai sarana membangun merek, menarik perhatian, serta membuat bisnismu menonjol di tengah berbagai usaha serupa lainnya.

6. Memudahkan Pengumpulan Data dan Evaluasi Strategi

Akhirnya, setiap bisnis yang baik harus memiliki data dan hasil laporan sebagai bahan evaluasi. Pemasaran digital memudahkanmu mengumpulkan data secara otomatis. Hal ini karena alat pemasaran seperti akun media sosial dan situs bisnis memiliki sistem pencatatan data dan laporan (analytic). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menggabungkan Konten dan Periklanan: Trik Jitu Biar Iklan Nggak Bikin Boring!

Hey, teman-teman! Pernah nggak sih kalian lagi asyik scroll medsos atau nonton YouTube terus tiba-tiba ada iklan yang nongol? Kadang suka bi...